Mengembangkan Potensi Kemandirian Menuju Generasi Berakhlakul Mahmudah

Beranda

Selayang Pandang MI Islamic Centre


Pendidikan merupakan proses yang dinamis dan senantiasa terbuka terhadap tuntutan perubahan masyarakat dan kemajuan ilmu pengetahuan serta teknologi. Parameter kualitas pendidikan dapat dilihat dari segi input, proses, dan output yang selalu berubah.
Pendidikan dituntut untuk senantiasa produktif, yaitu bagaimana menghasilkan lulusan yang berkualitas sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan perkembangan zaman.
            Salah satu problematika kehidupan bangsa yang terpenting pada abad 21 adalah dekadensi moral dan akhlak. Kemerosotan nilai-nilai moral yang mulai melanda masyarakat kita saat ini adalah akibat dari ketidakefektifan penanaman moral, baik di lingkungan keluarga, sekolah, dan masyarakat secara keseluruhan. Khusus untuk pendidikan moral di sekolah, baru menyentuh aspek-aspek kognitif, belum menyentuh aspek afektifnya.
Melihat kondisi itu, MI Islamic Centre hadir untuk memberikan “win solution” terhadap kemerosotan moral yang melanda masyarakat kita. Salah satu upaya untuk mengatasi hal tersebut adalah menciptakan konsep pendidikan Islami dengan menyeimbangkan  aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik, sehingga akan menghasilkan lulusan yang ta’at dalam beribadah, cerdas dalam pemikiran, dan memiliki akhlak terpuji.

B. Visi dan Misi
Visi MI Islamic Centre adalah:
“Terwujudnya madrasah yang berrpestasi dan berkarakter pada tahun 2020 di Kabupaten Indramayu”
Misi yang akan ditempuh untuk mewujudkan visi tersebut adalah:
  1. Menyiapkan generasi muslim yang memiliki jati diri sebagai makhluk Tuhan
  2. Menghasilkan lulusan yang unggul dan kompetitif
  3. Membentuk kepribadian utuh dan mandiri dalam kehidupan sehari-hari
  4. Mengembangkan keterampilan dasar dan seni berdasarkan minat dan bakat
  5. Membangun citra sekolah sebagai lembaga pendidikan terpercaya di masyarakat dengan memberikan pelayanan pendidikan yang berkualitas
C. Tujuan
  1. Melahirkan anak muslim yang sholeh, cendekia, berkepribadian mulia, dan siap untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan terbaik berikutnya. 
  2. Mewujudkan sebuah institusi pendidikan dasar Islam yang mengintegrasikan aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik; serta mengintegrasikan peran sekolah, keluarga, dan masyarakat dalam suasana pendidikan Islam.
  3. Menggalang peran serta masyarakat dalam penyelenggaraan pendidikan.
 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar