Selayang Pandang MI Islamic Centre
Pendidikan
merupakan proses yang dinamis dan senantiasa terbuka terhadap tuntutan
perubahan masyarakat dan kemajuan ilmu pengetahuan serta teknologi. Parameter
kualitas pendidikan dapat dilihat dari segi input, proses, dan output yang
selalu berubah.
Pendidikan dituntut untuk
senantiasa produktif, yaitu bagaimana menghasilkan lulusan yang berkualitas
sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan perkembangan zaman.
Salah
satu problematika kehidupan bangsa yang terpenting pada abad 21 adalah
dekadensi moral dan akhlak. Kemerosotan nilai-nilai moral yang mulai melanda
masyarakat kita saat ini adalah akibat dari ketidakefektifan penanaman moral,
baik di lingkungan keluarga, sekolah, dan masyarakat secara keseluruhan. Khusus
untuk pendidikan moral di sekolah, baru menyentuh aspek-aspek kognitif, belum
menyentuh aspek afektifnya.
Melihat
kondisi itu, MI Islamic Centre hadir untuk memberikan “win solution” terhadap kemerosotan
moral yang melanda masyarakat kita. Salah satu upaya untuk mengatasi hal
tersebut adalah menciptakan konsep pendidikan Islami dengan menyeimbangkan aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik, sehingga
akan menghasilkan lulusan yang ta’at dalam beribadah, cerdas dalam pemikiran, dan
memiliki akhlak terpuji.
B. Visi dan Misi
Visi MI Islamic Centre adalah:
“Terwujudnya madrasah yang berrpestasi dan berkarakter pada tahun 2020 di Kabupaten Indramayu”
Misi yang akan ditempuh untuk
mewujudkan visi tersebut adalah:
- Menyiapkan generasi muslim yang memiliki jati diri sebagai makhluk Tuhan
- Menghasilkan lulusan yang unggul dan kompetitif
- Membentuk kepribadian utuh dan mandiri dalam kehidupan sehari-hari
- Mengembangkan keterampilan dasar dan seni berdasarkan minat dan bakat
- Membangun citra sekolah sebagai lembaga pendidikan terpercaya di masyarakat dengan memberikan pelayanan pendidikan yang berkualitas
C. Tujuan
- Melahirkan anak muslim yang sholeh, cendekia, berkepribadian mulia, dan siap untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan terbaik berikutnya.
- Mewujudkan sebuah institusi pendidikan dasar Islam yang mengintegrasikan aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik; serta mengintegrasikan peran sekolah, keluarga, dan masyarakat dalam suasana pendidikan Islam.
- Menggalang peran serta masyarakat dalam penyelenggaraan pendidikan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar